CIRI CIRI ANAK ADHD Nampak pada Anakku

ADHD adalah singkatan Attention Deficit Hyperactivity Disorder.  Wah penyakit apakah ini.  Jaman sekarang ada saja penyakit dalam tanda kutip.   Dengar ada Autisme saja sudah cukup membuat terbelalak.  sekarang ada ADHD.  Ciri ciri ADHD dapat dilihat di http://www.kesulitanbelajar.org/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=26 atau bisa dilihat di http://health.kompas.com/direktori/yourbody/1/ADHD.Anak.#detail

Adapun Ciri ciri yang nampak pada anak saya:

  1. Tidak bisa duduk diam lebih dari 2 menit
  2. Sulit berkonsentrasi mengerjakan tugas.
  3. Ceroboh dalam menaruh mainan atau berjalan
  4. ada gejala alergi atau asma
  5. selalu banyak energy sering lompat lompat
  6. Kadang suka gelisah kalau bosan
  7. Banyak berkeringat
  8. suka lupa menaruh barang-barangnya
  9. Suka marah marah atau impulsif
  10. Tidak mendengarkan  kalau di ajak bicara.
  11. Bila diajak bicara matanya kearah yang berbeda.
  12. Perhatiannya sering terganggu bila ada suara atau cahaya dari tempat lain
  13. Bila Keinginannya tidak dituruti akan marah dan gelisah dan membantah suatu pembicaraan apa pun.

Ciri – ciri ini ada pada anak ketiga saya yang berumur 4 th.  Hampir 90% ciri ciri anak ADHD nampak pada anak saya. 

Anak saya yang pertama juga mempunyai ciri semacam ini tapi tidak separah anak ke tiga saya.  Anak pertama saya juga bandel, provokator, impulsif,  hyperactive tapi sekarang sudah sembuh setelah berumur 6 tahun.  Waktu itu aku belum terpikir akan penyakit ADHD.  Karena anak pertama maka saya cukup perhatian baik makanan atau pun kesehatan.  Waktu itu ada alergi terhadap susu sapi.  Saya memberikan susu kedelai pada anak saya yang pertama.  Sebelum umur 4 th anak saya menderita kurang berat badan dan oleh dokter anak disimpulkan ada infeksi paru-paru tanpa test darah dan rontgen. Setelah mengalami pengobatan 6 bulan atas infeksinya barulah ada pengurangan hyperactivitasnya.  Menurut gurunya dia suka tidak memperhatikan guru kalau bicara atau menerangkan pelajaran dan masih asyik dengan permainanya.   Tapi kalau ditanya tentang apa yang diterangkan dia bisa menjawabnya.  Sekarang saya bersyukur kalau anak saya yang pertama prestasinya disekolah naik terus hingga sekolahnya masuk sekolah akselerasi.  Prestasi terakhir dia dapat lulusan terbaik di sekolah SD tersebut.

Lain halnya dengan anak saya yang ke tiga.  Saya kira kalau tidak diobati penyakit ADHD nya bakal tidak bisa mengikuti pelajaran atau bisa menjadi orang bodoh dikelasnya.   Akhirnya saya berfikir apakah ADHD itu berkah atau ujian?  Saya berfikir itu dalah berkah.  Barangkali ini saatnya saya harus memperhatikan anak yang ketiga saya.  Menurut buku yang saya baca tentang ADHD jangan dulu melakukan pengobatan ADHD sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu atau chek up.  Kalau ada infeksi maka akan berkuranglah nutrisi otak sehingga akan memicu ADHD itulah kesimpulan yang saya percaya.  Barangkali saya tidak akan melakukan pengobatan ADHD dengan obat kimia karena obat kimia itu bagaikan obat penenang saja.  Saya lebih senang memakai obat suplemen seperti ganggang biru hijau, chlorofil atau ginggobiloba untuk nutrisi otak biar cepat pemulihan kerusakan otaknya.  Tentunya hal ini akan saya konsultasikan dengan dokter bidang tumbuh kembang.  Kalau ada pembaca yang memberikan saran, mangga atuh.

27 thoughts on “CIRI CIRI ANAK ADHD Nampak pada Anakku

  1. Kadang kita tidak perlu menuduh anak kita ADHD. Kadang ciri ciri anak ADHD hampir mirip dengan anak Indigo. Kemarin saya beli buku Anak indiego di Gramedia waktu ada diskon 30% di Lippo Karawaci juga ciri cinya mirip dengan anak ADHD. Coba baca buku tersebut barang kali kita mesti berpikir itu adalh berkah. Nah bila anak kita terlahir Indigo maka cara penanganannya juga mesti harus disesuaikan dengan cara pendidikan anak indigo. Demikian agar jadi masukan

  2. Terima kasih Pak Aldiy semoga panjang umur. Saya juga baru ADHD dari web site. Mengenai anak indigo yang mempunyai ciri ciri anak ADHD akan saya pelajari lebih lanjut.

  3. Ginkgo Biloba juga dipasarkan melalui multi level marketing seperti Amway atau CNI yang saya tahu. Akan tetapi konsultasikan dulu kepada dokter tumbuh kembang. soalnya dosis pada anak-anak itu lebih kecil. fungsinya untuk memperbaiki konsentrasi dan daya ingat juga bisa mengencerkan darah. Jadi kalau ada tindakan operasi biasanya ginkgo biloba dihentikan dulu sebulan sebelum operasi.

  4. Hey Aluwi,

    What do ADHD, Michael Phelps and 11 Olympic Gold medals have in common? … Hyperfocus.

    Michael Phelps, Olympic swimmer, diagnosed with ADHD when he was 9, has just won his 7th Gold Medal in 7 races. Hyperfocus (a trait of ADD & ADHD) is probably the reason Michael Phelps is so unstoppable.

    Single-Minded “Other-Worldly” Concentration – Otherwise Known as Hyperfocus

    While many are baffled and in awe by Michael Phelps’ laser-like focus and single minded determination to win, win, win – those of us who know the qualities of ADD & ADHD understand the source his “other-worldly” concentration all too well – hyperfocus.

    So many things can enter an Olympic swimmer’s mind to throw them off their stroke – little things – let alone the awareness that the President of the United States is right there watching you, or that you could be about to win the the most gold medals in a row ever, or that your goggles fell off (that’s right, Michael won one of his Gold medals blind, because his goggles filled with water halfway into the 200 butterfly).

    While extraordinary, Michael Phelps’ super-human ability to focus during an event is actually thanks to his inability to focus as a child. That’s one of the gifts of ADHD – the ability to trigger laser-like focus in an instant and hold that focus to accomplish the most amazing things and crush even the toughest problems.

    How to Trigger Hyperfocus

    The question arises “How do you cultivate this hyperfocus?” “Sure, I know my child with ADHD can focus for hours on his Nintendo DS, but how can I get him to focus on his homework?!”

    The answer is PASSION. Hyperfocus can only be effectively directed by passion or threat. So let’s focus on passion. Michael Phelps is gifted for two reasons: He has ADHD and he found his passion – swimming. The combination of ADD (or ADHD) and your true passion for something results in an amazing ability to focus, persevere and triumph through all odds to achieve the aims of your passion.

    Who knows, you or your child could be the next Michael Phelps of your passion’s pursuit.

    Rock on,
    Garret LoPorto
    Author of The DaVinci Method: “How to turn ADHD into a strength”

    P.S. Michael Phelps’ mom has a Facebook page devoted to mothers of children who have ADHD. Check it out: http://www.facebook.com/ADHDMoms

    I want to thank Susana for tipping me off to Michael Phelps’ ADHD diagnosis on http://www.LoPorto.com and I want to thank Bryan for his great article in ADDerWorld, on the subject, which helped me a great deal to write the above.

    Media for Your Mind, Inc.
    199 Sudbury Road
    Concord
    Massachusetts 01742
    United States

  5. Hi Aluwi,

    I know it’s been a while, but I want to get back in touch with you.
    I know you’ve got great brilliance to share with the world – and I know that’s often the hardest thing to do – to pursue your deepest calling.

    So if you’re struggling right now – please don’t give up.
    We need you. The world needs you – to succeed.

    That big dream of yours – the expression of your heart’s longing – we need that too. It’s no mistake what you feel called to. It’s providence. It‘s the doorway to your greatest destiny. Follow that call.

    I want to share with you a little recording I made about just this. It’s called “Your True Will”. It’s about why it is so important for you to accomplish your deepest calling – and how you can set about doing just that. I hope it helps.

    Here it is:

    http://loporto.com/garret/2008/08/15/your-true-will/

    Rock on,
    Garret LoPorto
    Author of The DaVinci Method

    Media for Your Mind, Inc.
    199 Sudbury Road
    Concord
    Massachusetts 01742
    United States

  6. asslm.pak cb bpk konsultasi dg Dr .Melly Budiman di RS MMC/RS OMNI kelapa gading.beliau menangani anak adhd.dn ternyata terapi nutrisi yg diterapkan beliau sangat membantu meminimalisir gejala ADHD.

  7. pak cb dg teknik EFT http://www.emofree.com atau modifikasinya SEFT http://www.logos-institute.com,kbtln putra sy jg gangguan perkbgn ringan ,dulunya telat bicara,diagns ant asperger,mild autism,adhd..tp Allhmdllh sdh SD dg test masuk spt anak lainnya,prestasi rata2 spt anak lain,kbtln sblm TK dn SD sdh cb pngbtn dg standar medis dn alternatif,spt shiatshu, laserpuncture (ada di Carolus),refleksi,homeopathi,biomedis,braingym,SI,dll…Insya Allah dg ikhtiar maksimal dn doa ,tawakal,akan memnjadi lbh baik ..smg bs membantu mmbantu anak bpk..

  8. Sedang melakukan terapi integrasi dari dokter tumbuh kembang RS Hermina. rupanya sudah mulai ada perkembangan. mulai koperatif dengan pendampingnya. Sudah berani main ayunan.

  9. Assalamualaikum.

    Janganlah tuan/puan risau segala sesuatu yang berlaku tentu ada hikmahnya.

    saya juga punya anak yang ada ciri-ciri ADHA. Marilah kita sama-sama berdoa semoga mereka mempunyai kehidupan yang cermerlang di dunia dan akhirat

    mohd tahir voo

  10. Anak kebutuhan khusus (special needs children) seperti Autis, ADD, ADHD , Hiperaktif adalah anak-anak yang dilahirkan secara istimewa dan berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Anak-anak ini diamanahkan pada orang tua-orang tua yang juga istimewa. Karena berbeda dengan anak kebanyakan, maka penanganan anak kebutuhan khusus memerlukan cara yang khusus pula. Berikut ada salah satu solusi menangani anak autis dengan SEFT (tehnik yang menggabungkan psychology dengan spiritualitas).. lebih lengkap di http://www.seft.co.id/abk.php

  11. saya punya putri berusia 1,5thn. Dia anak yg sehat dan sangat aktif,mlh bisa dibilang super aktif tidak bisa diam..mlh klg blgny diam hanya pd saat tidur.. Saya baca ciri2 ADHD dan ternyata putri saya memiliki 80-90% ciri2 trsbt. Apa usia segitu sdh bisa dinilai mengalami ADHD?

  12. Ciri ciri ADHD memang bisa di kenali dari kecil tapi kini kita tak perlu risau. ADHD itu bawaan dari lahir dan dibalik itu ada kelebihan atau talenta tertentu. Orang tua mesti pandai mengenalinya sehingga bisa menyesuaikan metode pengajarannya. Mengenali kesukaanya dulu akan dapat mengenali bakat terpendamnya.

  13. Dear all,

    memiliki anak dengan ADD/ADHD memang tidak mudah karena akan banyak bermasalah pada area perilaku. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
    1. observasi dengan jelas masalah perilaku yang utama. terapkan sistem reward, lakukan dengan tegas dan konsisten oleh seluruh anggota keluarga
    2. perhatikan makanannya karena makanan dapat berpengaruh terhadap hiperaktivitas. anda bisa melakukan tes rambut untuk mengetahui makanan apa yang boleh / tidak untuk anak ADD/ADHD
    3. pemberian obat sifatnya hanya sementara dan dapat menimbulkan efek samping. penggunaan suplemen bisa menjadi solusi namun efeknya bisa berbeda2 pada tiap anak
    3. integrated therapy seperti SI/perilaku

    Anda bisa jg melihat aktivitas gelombang otak dengan brainmap untuk melihat masalah utama anak2 dengan ADD/ADHD

    stiap anak ADD/ADHD unik dan tidak ada yang sama, maka penanganan untuk tiap anakpun dapat berbeda2.

    regards,
    manti rivai, s.psi
    manti@brainoptimax.com
    (021) 4585 0754

  14. Saya ikhlas dapat titipan tersebut. pernah konsultasi ke dokter tumbuh kembang analisanya lain-lain sebagaimana telur dan ayam mana yang lebih dulu. Ya manusia memang diciptakan berbeda-beda. Otak manusia juga tumbuh dengan kecepatan berbeda-beda. Ketika kemampuan kognitif anak lebih cepat daripada kemampuan motorik anak akan bisa nampak seperti ADD atau Attention Deficit Disorder. Barangkali anak menjadi kurang percaya diri dan banyak alasan untuk tidak melaksanakan tugas tugas yang berhubungan dengan kemampuan motorik. Latihan yang diperlukan adalah untuk melatih bagian yang tertinggal agar bisa mengimbangi bagian otak yang tumbuh lebih cepat. barangkali ini bisa melengkapi terapi dari manti@brainoptimax.com

  15. Hi..saya miela dari Malaysia..ada anak yg disahkan ADHD dan berumur 11thn..sekarang dalam rawatan pakar Paedatrik serta mengambil Ritalin 20mg.. mmg payah nak tangani anak ADHD nie..walaupun usianya 11thn..tp perilakunya macam budak umur 6thn saja…sungguh sedih..huhuhu

    • Jangan bersedih dan jangan takut. ADHD bisa disembuhkan. Memang ada keterlambatan di bagian konsentrasinya. Tapi coba diteliti pasti dia mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki yang lainnya. Barangkali dia menyukai sesuatu yang tidak disukai anak lain umumnya. Barangkali setiap kegiatan perlu dikaitkan dengan hobinya agar motivasi untuk belajar tetap tinggi. Anak saya yang ADHD menyukai mobil-mobilan. Untuk melatih otot motoriknya saya ajarkan menggambar mobil. Sekarang dia menyukai menggambar peta jalan mobil dan akhirnya menyukai melihat peta dan menggambar peta. Sekarang rajin menghafal ibukota negara yang ada didunia. Semoga pengetahuan ini bermanfaat.

  16. HI saya Laode putra…
    seorang anak Usia 15 th , anak tsb marah – marah dan sering gelisah , dan kadang melempar barang – barang disekitarnya kejadiannya sudah 2 hari..

    waktu didalam sekolahnya saya mendapat informasi dari pihak sekolah katanya sering mengalami kesulitan dalam menyusun tugas ,kadang menghindar ,dan enggan untuk terlibat dalam tugas tsb, sering berpindah – pindah tempat duduk ketempa duduk lain samapi meniggalkan sekolah tanpa alasan yang jelas ketika didalam rumah anak tsb masih mendengarkan oarang tuanya, awalnya 2 bulan anak tsb hanya bercanda dengan tmnnya kemudian berlebihan seperti manarik – narik rambut ,mencubit,mencakar sampai terluka kejadian seperti ini ketika libur sekolah…
    pertanyaannya : apa yang harus saya lakukan terhadap anak tsb dan bagaimana kedepannya dan apakah ini termsuk ADHD , alasannya kenapa..?…saya mohon jawabannya terima kasih.

  17. Hi pak aluwi…
    Bgaimana prkmbngn anak bpk smpai kini?
    Anak sy 6 th adhd.. Mungkin bs memetik pengalaman bpk dlm menangani anak bpk.. Mhn sharingnya…

  18. Bu Vian, Kami bersyukur sudah bisa mengetahui gaya belajarnya. gaya belajar yang dominan adalah gaya belajar kinesthetic yaitu gaya belajar melalui indera gerakan dan sentuhan tubuh. gaya belajar kedua setelah kinesthetic adalah gaya belajar visual yaitu pembelajaran melalui indra penglihatan. Gaya belajar ketiga yang kurang dominan yaitu gaya belajar auditory yaitu pembelajaran melaui pendengaran. Dengan mengetahui gaya belajar tersebut akan sulit mendengarkan guru dengan duduk tenang. Waktu masih TK didampingi terapisnya dengan sentuhannya sehingga bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Waktu SD kelas satu sudah tidak didampingi terapisnya dan sudah mulai bisa mengikuti pelajaran karena sudah ada kerjasama dengan guru. Jika gurunya mendekati dia akan bisa lancar mengikuti pelajaran tetapi kalau ditinggal jauh dia akan ketinggalan. Sewaktu dirumah perlu didampingi agar konsentrasi mengerjakan PR sekolah karena malas dan gangguan acara TV. Sesuatu yang disukai disekolah adalah saat ujian karena sedikit pekerjaan menulis dan mendengarkan guru. Karena hasil ujiannya bagus malah menambah motivasi belajar sendiri. Buku yang sesuai adalah buku yang banyak gambarnya karena gaya belajar kedua yang dominan adalah gaya visual.
    Sewaktu ada test finger print analysis di sekolah hasilnya memang sesuai dengan perilakunya. Pantas saja belajarnya nggak mau diam. Jika anak Ibu sangat dominan sekali pada gaya belajar kinesthetic kemungkinan tidak cocok di sekolah umum dan mungkin cocoknya di sekolah alam. Sekolah umum pun tak masalah asal ada kerja sama antara keluarga dan guru

  19. anak saya 3 tahun belum bs bicara,cuex,gk konsent, rencana tahun ini mau saya masukan play group yg da guru shadownya…smga da perkembangan

  20. ass…..saya baru pnya anak 1 dn brusan 3,4th.dr kcil dia udah kliatan aktif dan malah hiperaktif,,untuk diam 1 menit ja g bsa,bahkan tidur pun msih muter2…dy juga suka merebut mainan yg dy mau di orang lain tnpa menghiraukan tmanya itu mnangis,,kmauan dy pun keras smpai saya dan suami pusing dibuatnya,,yg mau saya tanyakan..kalo untuk konsul ke DR.ahli tmbuh kmbang anak biayanya brapa ya?dan apa anak sya termasuk anak ADD atau indigo?soalnya slain cri2 diatas dy jga suka berbicara sndiri klo mainan/nton tv tp stiap saya tnya lg ngmong sma siapa dy tdk mnjwb…saya pingin konsul ke dkter tp kndala di biaya..mohon infonya trmksih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s